Tips & Trik Berpacaran (1)

Siasati Pasangan Pencemburu

Memang cemburu sering didefinisikan sebagai ketakutan berpindahnya rasa kasih sayang terhadap orang lain atau ketidakpercayaan akan kesetiaan orang yang dicintai.

Terkadang cemburu perlu sebagai petunjuk rasa sayang terhadap pasangan tetapi saat cemburu mulai berlebihan maka tidak sedikit pasangan yang merasa terganggu. Untuk mengatasinya, ada baiknya anda ikuti petunjuk dibawah ini.

Alasan pasangan merasa cemburu. Alasan seseorang cemburu adalah merasa tidak aman. Seperti saat masa kanak-kanak, dia merasa terabaikan atau pernah dikhianati mantan kekasih sehingga dia menjadi posesif pada anda. Tapi apapun alasannya, cemburu bisa menjadi hal yang serius jika tidak ditangani segera.

Anda harus memperhatikan tanda-tanda cemburu. Pasangan yang cemburu sering berkomentar tentang hal-hal yang dapat mengikis kepercayaan diri anda seperti mengritik penampilan fisik atau kemampuan intelektual anda.

Perhatikan ucapan atau tindakannya. Hal ini dia lakukan untuk membuat anda merasa membutuhkan atau menggantungkan diri padanya.

Hal terbaik yang harus anda lakukan adalah tidak ikut larut dalam situasi yang diciptakan oleh pasangan. Tetaplah tenang dan arahkan pasangan untuk berpikir logis. Setelah dia mulai rasional dan tenang maka berilah jaminan bahwa anda menghargai hubungan dengannya serta tidak akan mengambil risiko yang membahayakan hubungan tersebut.

Sebenarnya cemburu dapat diatasi jika masih dalam batas kewajaran. Jadi anda bantulah pasangan anda membangun rasa percaya diri. Katakan padanya bahwa bersikap realitis dan saling pengertian adalah poin penting yang harus dijaga dalam sebuah hubungan.

Waktunya berpisah. Jika kecemburuan mendorong pasangan menjadi semakin irasional bahkan cenderung keras maka hal terbaik yang harus dilakukan untuk melindungi diri anda adalah segera memutuskan hubungan dengannya. Semoga berhasil. p2t

Meningkatkan Kedekatan dengan Pasangan

Saat anda telah menjalin hubungan khusus dengan seseorang maka salah satu yang perlu dijaga adalah soal kedekatan (intimacy) antara anda dengan dia. Kedekatan di sini bukan hanya menyangkut soal kedekatan secara fisik, tetapi juga kedekatan secara emosional.

Kualitas kedekatan akan sangat berpengaruh terhadap hubungan anda dan dia secara keseluruhan. Banyak faktor mempengaruhi tingkat kedekatan ini. Berbagai keputusan yang anda buat serta berbagai tindakan yang anda dan dia lakukan akan menentukan apakah anda akan makin dekat dengan dia atau justru sebaliknya akan makin renggang yang akhirnya berujung pada keputusan bubar jalan.

Saling pengertian, komunikasi yang baik, kejujuran dan keterbukaan adalah hal-hal yang perlu dijadikan landasan atau fondasi bila ingin tetap menjaga kedekatan antara anda dan dia. Terdapat paling tidak empat hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kedekatan anda dengan pasangan anda.

Yang pertama adalah senantiasa luangkan waktu untuk memberi perhatian kepada dia. Dalam hal ini, anda mungkin harus rela mengorbankan waktu anda beberapa saat untuknya.

Kedua adalah senantiasa menunjukkan perasaan kasih sayang yang tanpa pamrih. Anda bisa menunjukkan perasaan kasih sayang ini dengan cara-cara romantis yang tentunya dia sukai.

Hal ketiga adalah jangan egois. Buatlah dia selalu senang dan nyaman serta memberikan dia sesuatu yang terbaik. Pepatah mengatakan bahwa orang yang memberi akan mendapat lebih sebagai gantinya.

Point terakhir adalah tetap menjaga komunikasi dua arah. Dengan begitu, anda diharapkan senantiasa selalu tahu apa yang diinginkannya. Selain itu, berusahalah untuk senantiasa jujur. Jangan mengatakan atau melakukan sesuatu yang dirasa menurut anda baik hanya sebatas untuk memuaskan perasaan diri sendiri. (Djoko Subinarto/p2t)

Sayang, Katakan Dengan Jujur Dong…

Memang tidak enak rasanya bila pasangan yang sangat anda sayangi berlaku tidak jujur dan main belakang. Siapapun akan merasakan sakit hati atas ketidakjujuran pasangannya. Tapi jika kondisi seperti ini tidak segera ditangani maka akan berpotensi merusak hubungan kepercayaan yang sudah lama terjalin.

Untuk melupakan dan menganggap tidak pernah terjadi sesuatu pasti tidak mungkin. Bila anda merasa hubungan tersebut layak untuk dipertahankan maka ada baiknya anda lakukan beberapa langkah berikut ini setelah pengkhianatan yang dilakukannya. Simak langkah-langkah berikut ini.

Terima dan kontrol emosi. Anda mungkin merasa lepas kendali, dingin, sakit hati, marah dan ingin membalas dendam. Tindakan tersebut merupakan respon yang normal setelah mengetahui ketidakjujuran yang dilakukan oleh pasangan anda. Tapi akan lebih baik jika anda tidak bertindak berlebihan pada keadaan tersebut, cobalah anda intropeksi dan lakukan perenungan dalam hati.

Cari dukungan dari orang lain. Anda bisa pikirkan siapa yang akan anda pilih untuk diajak bicara karena affair ini sangat mudah menjadi sebuah rumor. Pilih seseorang yang dapat mendukung dan mendengar anda tanpa berargumen. Tapi jika orang tersebut tidak membantu anda secara emosi, lebih baik anda coba bicara dengan orang lain.

Jangan pernah menyalahkan diri anda sendiri. Yang melakukan kesalahan bukan anda, jadi jangan anda salahkan diri anda. Karena perselingkuhan biasanya dianggap sebagai gejala masalah dalam hubungan suatu pasangan. Penting bagi anda untuk tidak menyalahkan diri sendiri atas affair pasangan anda. Bahkan jika pasangan anda merasa tidak senang maka affair adalah suatu pilihan untuk keluar dari hubungan meskipun ada alasan lain seperti emosi, seksual dan sosial yang tidak terkait dengan hubungan pasangan.

Cobalah anda pertimbangkan pilihan secara hati-hati. Jika anda belum siap memutuskan sebaiknya anda jangan terburu-buru dalam menetapkan putus atau jalan terus. Sisihkan waktu untuk mengkaji segala kemungkinan dan pilihan tersedia. Jika pada akhirnya kata ‘pisah’ adalah jawabannya maka pastikan hal itu anda buat dengan kepala dingin dan akal sehat. Semoga berhasil. p2t

(Sumber; berbagai sumber/hpk doc)

~ oleh hitamputihkita pada Desember 27, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: