D’Cinnamons, “Invasi” dari Bandung Technorati Profile

“Terlanjur ingini, terlanjut sayangi, semua yang ada di dalam dirimu…” Itulah lantunan syair D’ Cinnamons di akhir refrain lagu bertajuk “Semua Yang Ada” di dalam kemasan album Good Morning. Album ini diluncurkan pekan lalu di Jakarta.

Suara lantang milik Diana Widoera yang kerap disapa sebagai Dodo, mengingatkan kita pada vokal milik Dolores, dari The Cranberries. Di antara banyaknya grup band yang bermunculan, kehadiran D’Cinnamons dengan pilihan musik mellow dan suara vokalis yang khas lewat keserakan suaranya, mungkin bisa menjanjikan. Band yang diproduksi oleh Pops Musik ini, pekan lalu tampil dalam format showcase di tengah penggemar barunya.

Personel grup band yang terdiri dari Ismail Bonaventura yang biasa disapa Bona—pemain gitar akustik dan vokal latar, Dodo, dan Louies Laura Lalitanaya yang dipanggil Laut, bermain sebagai bassis. Dodo selain memainkan gitar dan vokal utama, juga bertindak sebagai perangkai syair dan lirik lagu.

“Band yang pasti selama ini cukup keras. Kami memberi yang sedikit mellow. Selain itu terlalu banyak band yang liriknya maskulin. Kami memilih nuansa itu,” ujar Dodo lagi.

Saat ditanya kenapa hanya Dodo yang menggarap baik syair hingga lirik, bagi personel lainnya hal itu telah menjadi karakter yang ingin dibawa oleh D’Cinnamons dalam penampilannya. Kelembutan syair dan kelembutan musik, di sela nada yang dinamis dan eksploratif. “Kami tekankan konsep easy listening, dengan instrumen akustik gitar dan vokal yang soulful dan natural,” ujarnya.

Dalam syair, grup ini sering kali berbicara tentang cinta bernuansa sedih, bahagia bahkan patah hati. Lagu bernuansa semacam itu misalnya lagu-lagu bertajuk “Mayday”, “I’m in Love”, “So Would You Let Me Be”, “Ku Yakin Cinta” dan “Loving You” yang semuanya ada di album perdana mereka ini. Ada juga syair lagu “Good Morning” – yang kemudian menjadi tajuk album – mengisahkan tentang kehidupan mereka ketika berada di kota Bandung. “’Good Morning’ misalnya, mengisahkan tentang suasana bahagia orang ketika menyambut pagi hari,” tambah Bona.

Untuk album ini, kelompok yang terinspirasi oleh John Mayer, Alansi dan Dave Matthews Band menghasilkan 6 lagu dalam rbahasa Inggris, dan 4 lagu berbahasa Indonesia. Menurut Bona, mereka ingin lagu-lagunya berbahasa Inggris tapi album kali ini label major (PT Aquarius Musikindo, red) menginginkan agar beberapa lagu mereka dihadirkan dalam syair berbahasa Indonesia.

Kafé dan Band
Perkenalan sesama personel pun cukup panjang. Dodo mengaku dekat dengan Laut sejak taman kanak hingga sekolah lanjutan atas, sedangkan perkenalan mereka dengan Bona terjadi ketika sama-sama berkuliah di Institut Teknologi Bandung di tahun 2003. Grup mereka pun pada awalnya masih ada dua cowok lagi yaitu di vokal dan drum.
Sekarang kami bertigalah,” kata Dodo.

D’Cinnamons berdiri pada September 2004 dan selama setahun sebelumnya ngafe di Bandung bersama sebuah band Irish Coffee. “Kami jenuh dan sepakat membubarkan Irish Coffee dan berganti nama dengan visi lebih pada rekaman dan membuat karya sendiri,” papar Dodo.

D’Cinnamons berasal dari kata “kayu manis” yaitu rempah beraroma khas yang kerap dicampur pada kue yang istimewa. Mereka mulai membuat lagu sejak 2004 itu dan manggung di kafé juga dalam siaran di radio Paramuda dengan acara yang judulnya “D’Cinnamons Love Acoustik Session” mengudara sejak Januari hingga Juni 2005.

Baru pada 2007, Dodo, Laut dan Bona siap mematangkan karyanya dalam album Good Morning yang diproduksi Pops Musik. “Kami memakai kalimat yang menurut dan terkesan menyapa pecinta musik saat pertama kali berkarya,” ujar Dodo, yang ngefans berat pada vokal Alanis Morrisette itu. Selamat pagi dan selamat datang, D’Cinnamons!
(Sihar Ramses Simatupang)

* Sedikit cerita tentang D’Cinnamons, band asal Bandung ini personilnya merupakan alumni SMA St Aloysius Bandung (angkatan 2001), which means the same school with me. Dari jaman gw masih SMA, Dodo (sang vokalis) emang udah sering bawain lagu Zombie miliknya The Cranberries. (Someone dari Bdg)

~ oleh hitamputihkita pada September 29, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: