Mitologi Yunani Kuno

dewa-dewi-olimpus.jpg

Mitologi Yunani

Mitologi Yunani adalah kumpulan legenda Yunani tentang dewa-dewi Yunani serta para pahlawan yang berawal dan tersebar melalui tradisi lisan. Kebanyakan dewa Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya yang mungkin lebih dari 1 seperti Demeter. Dewa-dewi ini terkadang membantu manusia dan bahkan memperistri seorang wanita manusia menghasilkan anak yang setengah manusia setengah dewa. Anak-anak inilah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.

Asal Usul Mitologi Yunani

Walaupun ada berbagai mitologi di seluruh dunia kata mitologi berasal dari Yunani yang terdiri dari 2 kata

* Muthos yang dalam bahasa Yunani berarti sebuah seni bahasa yang menjadi ritual.

* Logos yang berarti sebuah kata, sabda, firman, cerita atau argumen yang meyakinkan.

Beberapa sumber yang dipakai sebagai rujukan mitologi Yunani antara lain adalah karya-karya Homerus dan Hesiodus.

Rentang Waktu

· Masa Dewa-Dewi Dasar

· Masa Para Titan

· Masa Dewa-Dewi

· Masa Dewa dan manusia hidup bersama

· Masa Para Pahlawan

Twelve Olympians

12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon (Greek: δωδεκα /dodeka = 12, θεον /theon = dewa) dalam Mitologi Yunani adalah dewa dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus. Ada sekitar 17 dewa dewi yang dianggap 12 Dewa Olimpus walaupun jumlahnya tidak lebih dari dua belas dalam satu daftar.

eos-by-evelys-de-morgan-1850-1919-1895-columbia-museum-of-art-columbia-sc-bw.jpg150px-athena_type_velletri-bw.jpg

Dewa Dewi Olimpus

Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo dan Artemis selalu masuk dalam daftar Dewa Dewi Olimpus. Dua dari Hebe, Helios, Hestia, Demeter, Dionisius, Hades dan Persefone menjadi pelengkap dari kesepuluh dewa dewi itu.

Kisah Pelengkap Para Dewa

Hestia menyerahkan posisinya sebagai anggota Olimpus kepada Dionisius agar dapat hidup bersama manusia (akhirnya dia diangkat sebagai penjaga api di Olimpus) maka ia menolak disebut sebagai anggota Olimpus. Persefone tingal selama 6 bulan setiap tahunnya bersama suaminya Hades di dunia bawah tanah (konon mengakibatkan kegersangan di musim gugur dan dingin). 6 bulan lainnya, ia boleh kembali ke Olimpus dan tinggal bersama ibunya, Demeter. Walaupun Hades termasuk dewa utama Yunani, tetapi karena tinggal di dunia bawah tanah maka ia tidak erat dengan Olimpus. Dalam kisah lain, Helios memberikan tempatnya untuk Apollo. Hebe, seorang pembawa cawan anggur bagi para dewa menyerahkan posisinya di Olimpus untuk menikahi Herakles yang menjadi dewa Olimpus setelah wafat.

Karakteristik Dewa

Setiap dewa dewi dalam Mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Unsur itu masing-masing adalah :

1. Zeus adalah pemimpin para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim dan cuaca.

2. Hera, istri Zeus, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan dan kesetiaan.

3. Poseidon adalah dewa laut.

4. Ares adalah dewa perang dan pembantaian.

5. Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang,penggembala dan penghiburan. Ia juga utusan dewa Zeus.

6. Hefestus adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.

7. Aphrodite adalah dewi cinta, seks dan keindahan fisik.

8. Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni dan pendidikan.

9. Apollo adalah dewa cahaya, musik, tarian, obat-obatan dan pelindung para pepanah.

10. Artemis adalah dewi pelindung hewan, perburuan, kesuburan dan kesucian.

11. Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris dan pelindung bahtera perkawinan.

12. Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.

(Source : Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia)

About these ads

~ oleh hitamputihkita pada September 27, 2007.

24 Tanggapan to “Mitologi Yunani Kuno”

  1. Hey…! That’s cool! Tapi, tambah lagi dunk infonya…

  2. Tanya dong, kalau Dewi Kekayaan siapa ?
    lagi ngumpulin buat kasih nama anak nih..
    Makasih sebelumnya ya…

  3. Lam kenal Sherly,

    Berdasarkan Myth Yunani, Artemis merupakan dewi kesuburan (kekayaan). Sementara berdasarkan kepercayaan agama Hindu, Dewi Laksmi (Sansekerta:Laxmi) adalah dewi kekayaan, kesuburan, kemakmuran, keberuntungan, kecantikan, keadilan, dan kebijaksanaan.

    Sebagai panduan untuk memilih nama putri anda, anda bisa intip blog kami yang lain di http://hitamputih-kita.blogspot.com, pada kategory mythos, saya pernah posting sekitar 308 Female Greek Names.

    Selamat menantikan kebahagiaan anda yang sesungguhnya, yaitu menjadi seorang ibu.

    Jabat hangat,
    hpk admin

  4. saya kepikiran ingin memberi nama anak saya dengan nama-nama yang berasal dari bahasa yunani.
    karena menurut saya terdengar indah, tidak banyak di pakai orang-orang & berjiwa seni tinggi.
    mohon ide nya, anak saya di perkirakan akan lahir akhir juni 2008.

    terimakasih sebelumnya,saya sangat berharap balasannya.

  5. gue cuenenk n interest banged ma mitologi yunani..gw pwengen kacie nama anak2 gue pke nama dewa n dewi yunani..
    cpa tau ntar anak2 gue da yang ikutin jejak mereka..
    apalagi aphrodite,,hehe…

  6. itu, klo mo lebih lengkap… aku prnah baca di http://www.mythweb.com dalam bahasa inggris tapi…

  7. Woy ak pgn cari yg berbahasa indo ungg

  8. siapa sih dewi juno??
    emang bener ya,dia jadi simbol satu produk makanan/minuman??
    produk apa tuh??
    ada ‘gak gambar2 dewa-dewi itu???

  9. wuu….infonya berguna bgt kak….^^
    bagi q anak SMP yang ska dgr MYTH YUNANI sueneeenngggg bagt ada blog yang nampung mitos-mitos YUNANI….

    KEEP GOOD WORK,key…-_^

  10. thanx bgt infonya..

    aku minta buat referensi yaa..

  11. cantumin juga legenda-legenda yunaninya duonk buat ngajarin students biar pada minat baca neh! thanks alot

  12. Keren bgt .. Tp msk kurang ny ..
    Kurang buanyak, hehehe

  13. ampuuuuunnnn pngen baget wisata k yunani…

    kyanyah indah bgt…

    penuh crita…

    huaaaaa

  14. nanya donk, dewi api ada gak yah ? bingung nih temen nanya mulu >.<

  15. hey,gimana dg orion?alo blh tau orion tu nama apa ci?

  16. hei,,,,,,,,,,,siapa pun kamu,
    tlg dunk kasih tau aQ apapun ttg legenda yunani kuno,
    terutama ttg hewan2nya,plizzzz, coz menurut aQ cerita i2 seruuuu bgt
    ya……ya…..ya……

  17. bagus ch…, tpi kurang lengkap.

    o ya, aq mw mnta hubngan mitologi yunani kudo dengan beberapa zodiak dunk. terutma libra.
    plese yach……^_^
    thx loch…..

  18. TAmabhin lagi donk,kl bisa pakek gambarnya,gwa sangat tertarik ne sama legenda dan mitologi yunani..

    mohon bantuanya

  19. di yunani penuh cerita. tapi kalo di Indonesia lebih asik sebab kita bisa ngarang crita.
    wkwkwkwkwkwkwkkkkkkkkkkkkkkkk………………….

  20. wow keren
    I like this

  21. Ehmm sbenarnya kronos itu siapa sih??

    Ayahnya 3 dewa besar apa Zeus,poseidon,hades?

  22. ada informasi tentang produk2 yg menggunakan nama2 dewa-dewi Yunani tdk??? plus filosofi-y, lg dpt tugas mata kuliah mitologi yunani nie..

    mksih…

  23. wuedan. i love it.
    gw tertarik banget ma mitologi yunani.

  24. waaa…
    infonya bgus banget!
    mkasii yaa..
    bantu banget buat tulisan aku..
    gmsamida..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: